Loading...
Saturday, 28 Jan 2023

Career Development Center

Atma Jaya Catholic University of Indonesia

5 Tanda Lingkungan Kerja yang Sehat, Gak Saling Menjatuhkan!

Berita Umum | 31 Oktober 2022 05:05 wib
Setiap prestasi dan kreativitas dihargai dengan baik Bergaul dalam lingkungan kerja selalu ada suka dan duka yang mengiringi. Jika beruntung, kamu akan dipertemukan dengan lingkungan kerja yang sehat. Namun, jika keberuntungan sedang tidak berpihak, kamu terjebak dalam lingkungan kerja yang toksik. Jika saat ini kamu berada di tempat kerja yang sehat, maka bersyukurlah. Selain bikin betah, kamu juga terpacu untuk mengembangkan diri. Kamu harus tahu, ada beberapa tanda lingkungan kerja yang sehat, lho. Pastikan kamu mengetahui tanda-tandanya, ya!

1. Kamu memiliki kesempatan mengemukakan ide dan pendapat 

    Menemukan lingkungan kerja yang sehat memang susah-susah gampang. Sebagaimana yang kita tahu, ada beberapa     lingkungan kerja memiliki budaya toksik. Entah itu adu domba, saling menjatuhkan, maupun saling sikut satu sama lain.

    Berada dalam lingkungan kerja yang sehat sudah seharusnya membuatmu bersyukur. Salah satu ciri lingkungan kerja yang     sehat adalah kamu diberi kesempatan mengemukakan ide. Setiap pendapat yang kamu sampaikan didengarkan dan     diapresiasi.


2. Setiap prestasi dan kreativitas dihargai dengan baik 

    Dalam lingkungan kerja, prestasi dan kreativitas harus selalu ada. Seseorang yang berprestasi dengan segudang kreativitas,     ia turut memiliki kinerja yang baik. Tentu saja ini patut dihargai.

    Salah satu ciri dari lingkungan kerja yang sehat yaitu prestasi dan kreativitas karyawan dihargai dengan baik.     Bagaimanapun juga, tidak mudah memiliki dua hal tersebut. Sekecil apa pun kerja kerasmu selalu dihargai dan tidak     pernah disepelekan.


3. Kamu berkesempatan mengembangkan diri

    Setiap orang butuh mengembangkan dirinya, entah itu mengasah keterampilan, kreativitas, dan berbagai pengetahuan     yang lain. Berhasil mengembangkan diri dengan baik, maka itu berarti kamu selangkah lebih berkualitas.

    Tentu saja hal ini harus ada dalam lingkungan kerja. Ciri penting dari lingkungan kerja yang sehat adalah kamu selalu     memiliki kesempatan mengembangkan diri. Bakat dan potensimu terasah dengan maksimal saat berada di tempat kerja     tersebut.


4. Tidak ada budaya saling menjatuhkan

    Salah satu budaya paling buruk di lingkungan kerja adalah saling menjatuhkan antar rekan kerja. Mereka saling     menjelek- jelekkan satu sama lain. Bahkan, budaya satu ini sudah mengakar kuat dan susah dihilangkan di beberapa     tempat kerja.

    Namun, lain halnya dengan lingkungan kerja yang sehat. Tidak akan ada budaya saling menjatuhkan, apalagi sampai     merugikan orang lain. Jika seseorang memiliki ambisi, ia berusaha dengan cara-cara yang baik tanpa merugikan satu     sama lain.


5. Saat kamu kesusahan, rekan kerja datang membantu

    Setiap orang pasti pernah menghadapi masalah. Bahkan, di lingkungan kerja pun hampir semuanya memiliki masalah.     Sering kali permasalahan rumit bikin seseorang terpuruk dan merasa tidak bisa bangkit lagi.

    Namun yang perlu dicatat, lingkungan kerja baik memiliki nuansa berbeda. Saat kamu kesusahan, rekan kerja     berbondong-bondong membantu. Mereka membantu menguatkan dirimu agar tidak sampai terpuruk.


Lingkungan kerja yang sehat mungkin jadi dambaan semua orang. Jika kamu memiliki lingkungan kerja seperti itu, sudah seharusnya bersyukur. Kamu tidak hanya mendapatkan pekerjaan sesuai, tetapi juga lingkup pergaulan berkualitas.

 

Verified Writer
Mutia Zahra

Mutia Zahra (@mutia-zahra-4) | IDN Times

Let's share positive energy

Link
Dilihat 429 kali