Loading...
Saturday, 28 Jan 2023

Career Development Center

Atma Jaya Catholic University of Indonesia

5 Cara Membangun Hubungan Positif dengan Rekan Kerja, Yuk Terapkan!

Berita Umum | 31 Oktober 2022 04:41 wib
Jangan sungkan untuk saling tolong menolong Dalam hidup, kamu pasti akan bertemu dengan beragam karakter manusia. Dari pengalaman-pengalaman itulah kamu dapat belajar menjadi lebih baik di setiap hubungan, begitu pula dalam dunia kerja. Demi menjalani pekerjaan dengan rasa nyaman bersama rekan kerja, kamu bisa mulai menjalin hubungan yang positif. Apa saja caranya? Simak artikel ini, ya!
1. Gak sungkan memberi bantuan atau saling membantu
    Sebagai manusia yang hidup bersosialisasi, kita pasti akan membutuhkan bantuan orang lain. Hal tersebut juga terjadi pada     kehidupan di dunia kerja.

    Jika ada rekan kerja yang meminta pertolongan, maka jangan ragu untuk bergerak membantu. Terlebih jika berada di     dalam sebuah kelompok, tindakan yang kamu lakukan akan membantu membuat mereka maju sejalan dengan keberhasilan     organisasi, seperti yang ditulis pada 


2. Menjadi pendengar yang aktif
    Salah satu cara mencapai hubungan yang sehat dengan menjadi seorang pendengar yang baik nan aktif. Dalam bukunya     yang berjudul Time To Think, penulis Nancy Kline berbicara tentang menciptakan "Lingkungan Berpikir" dalam organisasi,     berdasarkan pada memberi orang ruang dan waktu untuk berpikir dan mengakses ide mereka sendiri.
    "Mengizinkan setiap orang untuk berbicara tanpa gangguan setidaknya akan membuat orang-orang di tim kamu merasa     didengarkan," ungkap Nancy Kline dikutip BeLeaderly.

3. Bangun komunikasi yang baik
    Komunikasi adalah hal dasar yang sudah seharusnya ada di setiap hubungan, bahkan untuk hubungan kerja sekalipun.     Dengan komunikasi, semua akan terasa lebih jelas dan terhindar dari hal-hal negatif.

    Ketika bekerja dengan tim di kantor, gak mungkin rasanya jika kamu dan rekan kerja hanya saling berdiam diri. Perlu     adanya komunikasi yang terus berjalan demi membentuk hubungan yang positif, bukan?


4. Saling menghormati satu sama lain
    Kerja sama tim yang baik akan berjalan lancar ketika orang-orang di dalamnya saling mengerti dan menghormati. Dilansir     Lifehack, Ankit Garg menyarankan agar kamu harus senantiasa menghormati waktu dan usaha yang dilakukan rekan     kerjamu.

    Upaya saling menghormati yang kamu lakukan nantinya akan mendapat timbal balik yang sesuai. Rekan kerjamu gak akan     sungkan turut melakukan hal yang sama sepertimu.


5. Jangan lupa berterima kasih

    Kata sederhana yang terkadang sulit untuk diungkapkan adalah terima kasih. Padahal, berterima kasih kepada seseorang     yang telah membantumu bahkan untuk hal kecil, merupakan tindakan positif yang bisa selalu kamu tebarkan.

    Sebab, mengucapkan rasa terima kasih sama seperti kamu menunjukkan penghargaan atau menghargai rekan kerjamu.     Puji mereka atas pekerjaan yang telah dilakukan dan pujian semacam itu gak akan luput dari perhatian mereka.


Itu dia lima cara yang bisa kamu lakukan demi membangun hubungan yang positif sesama rekan kerja. Dari hubungan itu, kamu pun bisa menjalani hari-hari kerja dengan lebih menyenangkan.

    
Writter :
Mitha Aullia (@mitha-aullia-1) | IDN Times

Editorial Team
https://www.idntimes.com/pinka-wima
https://www.idntimes.com/muhammad-tarmizi-murdianto   

Link
Dilihat 335 kali