Loading...
Saturday, 03 Dec 2022

Career Development Center

Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Tanda HRD Gak Tertarik denganmu Saat Interview, Wajib Tahu!

Berita Umum | 08 September 2022 11:05 wib
Wawancara atau interview merupakan salah satu alur yang harus dihadapi ketika melamar pekerjaan. Biasanya, interview pun menjadi proses yang paling mendebarkan, terlebih jika pertanyaan dari HRD atau tim recruiter cukup sulit dijawab.

Biasanya, perilaku HRD juga akan menunjukkan apakah dia tertarik atau gak dengan jawabanmu saat interview. Nah, inilah beberapa tanda ketika HRD gak tertarik atau terkesan atas interview yang kamu lakukan.


1. Interview berlangsung lebih cepat dari jadwal
    Tanda pertama yang paling terlihat adalah wawancara berlangsung lebih cepat dibandingkan jadwalnya. Dilansir Career     Higher, Lea C, seorang career strategist dan content writer, menyebutkan bahwa wawancara yang berlangsung singkat bisa     jadi dikarenakan HRD gak melihat kamu sebagai kandidat tepat untuk pekerjaan tersebut.

    "Dalam beberapa kondisi, mungkin saja interview berlangsung lebih cepat karena HRD ada urusan lain. Namun, sebelumnya     akan diberikan penjelasan atau permintaan maaf. Jika interview selesai lebih cepat tanpa ada penjelasan apa pun, maka bisa     jadi HRD memang gak tertarik dengan jawaban wawancaramu," ujarnya.


2. HRD atau tim recruiter tampak gak tertarik

    Dilansir Zippia, Sky Ariella, seorang professional content writer,  pada saat interview seharusnya HRD terlihat antusias     karena akan mendapatkan karyawan baru. HRD biasanya akan memperhatikan secara detail jawaban dan body language     kamu selama interview.
    Jika HRD gak melakukan hal tersebut, maka bisa jadi mereka memang gak tertarik dan terkesan denganmu. Sky Ariella     menyebutkan juga, HRD yang gak terkesan dengan jawaban kamu, biasanya gak memusatkan seluruh perhatiannya     kepadamu.
    Lea C menambahkan, beberapa tanda HRD gak tertarik denganmu adalah mereka menunjukkan tanda-tanda     ketidaksabaran ketika sedang proses interview. Lalu, HRD pun biasanya gak melakukan kontak mata yang intens dan     bahasa tubuhnya menunjukkan bahwa ingin wawancara segera berakhir.



3. Kamu gak punya kesempatan untuk bertanya

    Jika HRD atau tim recruiter gak terkesan denganmu saat interview, biasanya kamu gak mempunyai kesempatan untuk     bertanya. Dilansir The Muse, Kat Boogard, seorang employment advisor dan content writer, menyebutkan jika interview     merupakan jalan dua arah, sehingga kedua belah pihak berhak bertanya dan menjawab.
    Ia juga menambahkan jika kamu gak diberikan kesempatan untuk bertanya tentang perusahaan, maka bisa jadi HRD gak     tertarik denganmu. Lalu, jika kamu diberikan kesempatan bertanya, namun HRD hanya menjawab secara singkat dan     kurang jelas, maka hal tersebut bukanlah pertanda bagus untuk interview kamu.



4. HRD gak memberikan informasi lengkap terkait perusahaan

    Saat melakukan interview, biasanya HRD atau tim recruiter akan memberikan informasi detail terkait pekerjaan, budaya     kerja, dan hal lainnya tentang perusahaan tersebut. Ketika interview pun, HRD biasanya berusaha 'menjual' perusahaan     agar para calon karyawan baru semakin antusias.

    Lea C menyebutkan, jika HRD gak membahas hal tersebut, maka bisa jadi mereka gak melihat kamu sebagai target yang     pas untuk calon karyawan baru. HRD gak tertarik untuk memberikan informasi detail terkait perusahaan, karena memang     kurang terkesan dengan jawabanmu.



5. HRD atau tim recruiter gak membicarakan tahap selanjutnya

    Saat interview sudah akan berakhir, HRD biasanya akan menanyakan kesediaan kamu untuk mulai bekerja di perusahaan     tersebut. Selain itu, HRD pun akan memberitahu langkah selanjutnya setelah melakukan interview tersebut.

    Sky Ariella menyebutkan, jika HRD gak membicarakan apa pun terkait langkah berikutnya, maka mungkin saja mereka     memang gak terkesan denganmu saat interview. HRD akan mengakhiri sesi wawancara begitu saja, tanpa memberikan     penjelasan apa yang harus dilakukan setelah itu.

    Nah, itu dia beberapa tanda ketika HRD atau tim recruiter gak terkesan dan tertarik denganmu saat interview. Untuk     menghindari hal tersebut, sebaiknya kamu lakukan persiapan dengan matang sebelum interview berlangsung, ya!


sumber :

https://www.idntimes.com/life/career/nisa-meisa-zarawaki/tanda-hrd-gak-tertarik-denganmu-c1c2?page=all 

https://www.idntimes.com/nisa-meisa-zarawaki









Link
Dilihat 561 kali