Loading...
Monday, 26 Sep 2022

Career Development Center

Atma Jaya Catholic University of Indonesia

5 Hal yang Bisa Mengganggu Profesionalitas dalam Bekerja

Berita Umum | 05 Agustus 2022 04:43 wib
5 Hal yang Bisa Mengganggu Profesionalitas dalam Bekerja, Hindari! Tak profesional membuat kamu tak dipercaya orang Profesionalitas dalam bekerja merupakan hal utama yang harus senantiasa dijaga dan tidak boleh disepelekan begitu saja. Hal ini karena memang profesionalitas menjadi modal utama untuk dapat menjalani pekerjaan dengan baik. Sayangnya ternyata tak mudah dalam bekerja dengan profesional, apalagi dengan beragam tantangan yang dimiliki. Terkadang ada saja hal-hal yang dapat merusak profesionalitas tersebut. Oleh sebab itu, kamu dapat menjaga profesionalitas dengan baik, dengan cara menghindari hal-hal yang dapat mengganggunya.
Untuk itu, maka kamu perlu tahu beberapa hal berikut ini yang ternyata bisa merusak hingga mengganggu profesionalitas seseorang dalam bekerja.

1. Tidak mampu memisahkan urusan kerja dengan hal pribadi
    Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan memisahkan urusan pekerjaan dengan urusan pribadi. Itulah mengapa     dua hal tersebut tak boleh dicampur adukan begitu saja, sebab dapat memicu konfliknya tersendiri. Jika kamu tak bisa     melakukannya, maka hal tersebut dapat membawa dampak yang kurang baik.

    Jika sedang bekerja, maka sisihkan terlebih dahulu urusan pribadimu. Sementara jika sedang menjalani urusan pribadi,     maka kesampingkanlah urusan pekerjaanmu. Dua hal tersebut bukanlah hal yang bisa disatukan.


2. Manajemen emosi yang buru

    Profesionalitas seseorang juga ternyata bisa rusak, sebab kemmapuan manajemen emosi yang buruk. Perlu dipahami     bahwa terkadang menjalani pekerjaan tidak ada yang selalu mudah, sebab akan selalu saja ada tantangan yang harus siap     dihadapi.

    Sayangnya tak semua orang dapat menghadapinya dengan baik, sebab tak sedikit yang justru terbawa emosi. Jika sudah     demikian, maka hanya akan mendatangkan masalah tersendiri. Emosi sesaat justru bisa membawa pada rusaknya     profesionalitas dalam bekerja.


3. Kisah cinta dengan rekan kerja satu kantor
    Menjalin hubungan atas dasar rasa cinta memang terkadang menjadi sesuatu yang sulit diprediksi. Rasanya semua orang     tak bisa dengan mudahnya memilih dengan siapa akan jatuh cinta, bahkan termasuk dengan rekan kerja sendiri. Meski pun     jelas saja ini dapat memberikan risikonya tersendiri.

    Menjalin kisah cinta dengan rekan kerja satu kantor disebut-sebut sebagai salah satu faktor yang dapat merusak     profesionalitas. Tak heran bahwa hal ini mungkin harus disikapi dengan komitmen yang kuat, sehingga urusan asmara dan     pekerjaan tak saling mempengaruhi satu sama lain.


4. Konflik dengan rekan kerja
    Urusan lainnya yang tak kalah berisiko adalah kemungkinan terjalin konflik dengan sesama rekan kerja. Bekerja dan     bertemu dengan intensitas yang sering memang dapat mendatangkan konfliknya tersendiri. Itulah yang kemudian menjadi     tantangan untuk dapat menghadapinya dengan cara yang bijak.

    Menyelesaikan konflik dengan rekan kerja haruslah dilakukan secara profesional. Jangan sampai justru sama-sama saling     membiarkan, hingga masalah pun kian berlarut-larut. Jika sudah demikian, maka bukan tak mungkin hanya akan     mendatangkan masalah di kemudian hari dan mengganggu profesionalitas tersebut.


5. Urusan keuangan
    Urusan keuangan memang menjadi salah satu hal yang sangat sensitif untuk dibahas. Bahkan dengan sesama rekan     kerjamu bukan hal jarang justru bisa menyebabkan masalahnya tersendiri. Tak mengherankan bahwa uang bisa seakan     menjadi sumber dari segala permasalahan di kantor.

    

Itulah mengapa sebaiknya kamu bisa lebih bijak dalam bersikap saat berada di kantor. Dengan demikian, masalah    mengenai keuangan tak akan menjadi alasan yang dapat mengganggu profesionalitas yang dilakukan. Ada cukup banyak hal yang bisa mengganggu profesionalitas dalam bekerja. Itulah mengapa menjaga fokus diri untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan menjadi satu hal penting untuk diperhatikan. Jangan sepelekan hal di atas, ya!

Sumber : https://www.idntimes.com/life/career/tresna-nur-1/hal-yang-bisa-mengganggu-profesionalitas-c1c2

Penulis :  Andini Maulana - https://www.idntimes.com/tresna-nur-1


Link
Dilihat 98 kali