Loading...
Monday, 26 Sep 2022

Career Development Center

Atma Jaya Catholic University of Indonesia

5 Tanda Kamu Keliru dalam Memilih Pekerjaan, Mudah Demotivasi!

Berita Umum | 01 Agustus 2022 10:55 wib
Memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan keinginan merupakan salah satu impian bagi semua orang. Meski nyatanya hal tersebut tidak selalu dapat diperoleh dengan mudah, sebab ada proses yang harus dilalui.
Sayangnya tidak semua orang dapat bekerja sesuai dengan apa yang diinginkannya. Terkadang ada pula orang-orang yang harus bekerja pada bidang yang tidak disukainya atau tidak sejalan dengan latar belakang pendidikannya. Jika kamu merasa sedang ada dalam posisi ini, maka kamu dapat melihat beberapa hal berikut ini yang menjadi tanda bahwa mungkin saja kamu keliru dalam memilih pekerjaan.

1. Sulit beradaptasi dengan baik
    Adaptasi merupakan hal utama yang diperlukan pada saat memulai suatu pekerjaan. Adaptasi yang dimaksud bukan hanya     mengenai hubungan sosial yang terjalin dengan rekan kerja yang lainnya, namun juga mengenai tanggung jawab pada     pekerjaan tersebut.

    Sayangnya tidak semua orang mampu menjalani proses adaptasi dengan baik. Bagi orang-orang yang merasa salah dalam     memilih pekerjaan, proses adaptasi justru terasa sulit untuk dilalui dan menyebabkan ketidaknyamannya sendiri.


2. Menganggap pekerjaan sebagai beban
    Tidak ada satu pekerjaan pun yang mudah, sebab semuanya memiliki risiko dan tanggung jawab tersendiri. Namun,     semestinya setiap orang dapat melalui hal tersebut dengan baik, jika memang merasa menikmati proses pekerjaan yang     dilakukan.

    Sayangnya bagi orang-orang yang merasa salah dalam memilih pekerjaan, hal tersebut justru akan dianggap sebagai suatu     beban. Jika sudah memiliki persepsi yang demikian, maka proses bekerja pun akan terasa sulit dan menyiksa diri.


3. Mudah merasa demotivasi dalam bekerja
    Setiap orang memiliki risiko yang sama untuk mengalami demotivasi atau penurunan motivasi dalam bekerja. Demotivasi     bisa terjadi karena beragam hal, salah satunya apabila seseorang salah dalam memilih pekerjaan yang dijalankannya.

    Tentu saja hal ini menjadi suatu tantangan yang tidak mudah untuk dijalani. Demotivasi yang dialami oleh para pegawai     bukan tidak mungkin akan menghambat proses pekerjaannya, sehingga hal tersebut juga akan menurunkan potensi     seseorang untuk dapat memiliki karier yang lebih baik ke depannya.


4. Tidak ada peningkatan performa kerja
    Semua orang tentunya memiliki harapan yang sama untuk dapat memperoleh prestasi yang baik dalam bekerja. Namun,     prestasi tersebut dapat diperoleh apabila seorang pegawai dapat meningkatkan performa kerjanya.

    Tentu tidak mudah dalam melakukan hal tersebut, sebab performa kerja berkaitan dengan motivasi dan proses dalam     menjalankan pekerjaan tersebut. Khususnya untuk para pegawai yang salah dalam memilih pekerjaan, maka peningkatan     performa kerja pun jadi seakan sulit dicapai. Hal ini tentu akan mempengaruhi potensi karier di masa depan.


5. Merasa sulit dipromosikan jabatan
    Semua orang tentunya memiliki harapan yang sama untuk dapat memperoleh peningkatan dalam pekerjaan. Salah satu     prosesnya adalah dengan memperoleh promosi jabatan yang diberikan oleh perusahaan. Meski demikian, nyatanya ada     proses panjang untuk akhirnya dapat memperoleh hal tersebut.
    Sayangnya untuk para pegawai yang justru merasa keliru dalam memilih pekerjaan selama ini, tentu membutuhkan usaha     ekstra untuk dapat dipromosikan jabatan. Itulah yang kemudian menjadi alasan penting agar tak salah dalam memilih     pekerjaan, sehingga dalam menjalaninya pun tetap merasa nyaman.
 
Tentunya memang kadang kala realita yang ada tidak selalu sejalan dengan apa yang diharapkan. Meski demikian, tidak ada salahnya apabila memang ingin mencoba hal baru, selama dapat bertanggung jawab dengan pekerjaan tersebut. Usahakan agar tidak sampai keliru dalam memilih pekerjaan, ya!


Sumber : 

Verified WriterAndini Maulana

https://www.idntimes.com/tresna-nur-1
Link
Dilihat 86 kali