Loading...
Monday, 26 Sep 2022

Career Development Center

Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Penting! 5 Alasan Fresh Graduate Harus Ambil Kesempatan Magang

Berita Umum | 28 Juli 2022 04:06 wib
Ada banyak keuntungan yang bakal kamu dapat, lho Sejak dulu, persaingan di dunia kerja memang sengit. Apalagi di zaman pandemik seperti sekarang, mendapat pekerjaan jauh lebih menantang. Ada kalanya kamu sudah berusaha mencari lowongan ke sana-sini, tapi belum beruntung juga. Pilihan yang ada hanya magang dengan imbalan jauh dari gaji yang kamu harapkan.
Jika memang belum ada pilihan lain, sebenarnya kesempatan magang itu bisa kamu ambil, lho. Ada beberapa alasan kenapa magang malah akan menguntungkan buat para lulusan baru.
1. Memberi kesempatan untuk menentukan jalur karier yang tepat
    ilustrasi wanita di depan laptop (pexels.com/Magnetme)
    Program magang ibarat mencicipi dunia kerja yang bakal kamu hadapi nanti. Dari berbagai pengalaman magang yang            kamu peroleh, semua itu bisa jadi bahan evaluasi apakah bidang yang saat ini kamu geluti apa sudah sesuai dengan yang        kamu inginkan. Terkadang apa yang kamu bayangkan saat menginjak perkuliahan dengan kondisi dunia kerja ternyata            berbeda. Dari magang inilah kamu dapat menentukan jalur karier yang paling tepat untukmu. Dengan begitu, ketika                selesai magang, kamu bisa mencari pekerjaan lebih sesuai.
2. Peluangmu diterima kerja lebih besar
    ilustrasi interview (pexels.com/MART PRODUCTION)
    Salah satu hal yang memberatkan lulusan baru untuk mendapat pekerjaan adalah belum adanya pengalaman bekerja.            Dengan mengambil program magang, hal itu bisa jadi keunggulanmu dibanding fresh graduate lainnya, lho!
    Jika CV lulusan baru yang lain masih kosong di kolom pengalaman kerja, setidaknya kamu sudah bisa mengisinya dengan        pengalaman magang. Hal itu menjadi nilai plus di pihak HRD perusahaan yang sedang kamu incar. Peluangmu diterima            kerja jadi lebih besar, deh.
3. Menambah koneksi
    Selain menimba pengalaman, dari program magang kamu jadi bisa memiliki koneksi lebih luas. Kamu akan berkenalan            dengan orang-orang ahli di bidangnya dan mungkin saja mereka bisa jadi pintu yang akan membawamu ke posisi yang            diinginkan. Itulah kenapa kendati statusmu masih magang, tapi perlakukan layaknya kamu sedang bekerja sebagai                karyawan. Berikan performa maksimal supaya orang akan notice. Siapa tahu, melihat dedikasimu saat bekerja, kamu akan      diangkat jadi karyawan di perusahaan tempat magangmu saat ini.
4. Meningkatkan kemampuan interpersonalmu
    Keuntungan lain bila kamu mengambil program magang adalah bisa meningkatkan kemampuan interpersonal. Kamu jadi        tahu cara berinteraksi dengan atasan, rekan kerja yang lain, dan pihak konsumen.
    Pengalaman ini sangat berharga ketika kamu sudah mendapatkan pekerjaan tetap. Kamu bukan lagi anak baru yang masih      canggung, tapi sudah terlatih membawa diri dengan baik di lingkungan kerja.
5. Meningkatkan kepercayaan diri
    Sekalipun hanya magang, tapi dari berbagai hal yang kamu pelajari di dalamnya bisa mendongkrak rasa percaya diri. Dari        segi kemampuan interpersonal, kamu sudah mencecap sendiri bagaimana harus berinteraksi dengan orang lain.
    Begitu pula dari skill profesional. Bila saat baru lulus yang kamu tahu teori semasa kuliah, setelah magang, kamu jadi tahu      praktiknya langsung di dunia kerja. Saat bekerja nantinya, kamu sudah gak kaget lagi dan jadi lebih mudah menyesuaikan      diri.

Meski dari segi keuangan belum bisa memberimu kepuasan, tapi setidaknya ada banyak hal positif yang akan menguntungkan bila kamu mengikuti program magang. Bukan tak mungkin pengalaman magang akan memudahkan mendapat pekerjaan yang diimpikan.


Sumber : 
https://www.idntimes.com/life/career/latifah-3/alasan-fresh-graduate-harus-ambil-kesempatan-magang-c1c2?page=all

L A L A Verified Writer
I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)
https://www.idntimes.com/latifah-3

  

Link
Dilihat 126 kali