Loading...
Monday, 08 Aug 2022

Career Development Center

Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Management Trainee: Definisi dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Berita Umum | 01 Juli 2022 05:50 wib
Belakangan ini, banyak Human Capital Practitioner dari perusahaan-perusahaan besar yang sudah mencoba dan menerapkan program management trainee di perusahaannya. Menariknya, program yang seringkali dinamakan “program percepatan” ini juga mulai dilirik oleh perusahaan – perusahaan berkembang yang beberapa diantara masih merintis, dengan harapan mereka bisa mendapatkan talenta-talenta berkelas di usia muda yang siap diterjunkan di posisi manajerial. Apakah semuanya berhasil mengaplikasikan program tersebut? Ini yang patut menjadi pertanyaan. Tentunya dengan seleksi, waktu, dan treatment yang baik ,program ini tidaklah mustahil untuk dijalankan. Tidak sedikit juga perusahaan yang kurang berhasil mengaplikasikan program ini di perusahaan. Boro-boro mendapatkan talenta berkualitas yang siap menjajal posisi manajaerial, mendapatkan kandidat yang sesuai saja sudah cukup sulit. Belum lagi proses-proses berikutnya yang sudah tidak bisa dihindari akan menyita waktu dan tenaga rekan-rekan yang dititipkan tanggung jawab untuk “merawat” si management trainee ini saat sedang beraksi di lapangan Sebenarnya, apa sih yang dinamakan dengan program management trainee tersebut? Apakah tiap perusahaan bisa membuat program management trainee yang serupa? Apa saja manfaatnya?
Definisi Management Trainee

Managemenet trainee umumnya direkrut atau diangkat untuk bekerja dengan level manager dan para eksekutif, dengan harapan nantinya ia bisa mendapatkan pengalaman dan kompetensi yang sesuai untuk menduduki posisi tersebut.


Manajer dan karyawan senior berpengalaman lainnya di berbagai departemen memiliki peran untuk  mengawasi dan memantau perkembangan management trainee tersebut, membimbing mereka terkait sistem-sitem manajerial yang akan memperlancar proses bisnis perusahaan secara efektif 

Ambil dari luar atau dari dalam perusahaan?
Program Management Trainee yang difokuskan untuk kandidat dari luar perusahaan diperuntukkan untuk mendapatkan tenaga kerja potensial yang sesuai tanpa mengurangi atau mengambil karyawan yang berkualitas dalam perusahaan.
Harapannya, karyawan lama yang sudah ada diperusahaan akan dikembangkan kompetensiya dalam bidang teknis tertentu.
Sebagian perusahaan mencari kandidat fresh gradute yang memiliki pengalaman dalam berorganisasi dan punya kemampuan leadership yang baik. Tapi tidak jarang juga terdapat perusahaan yang secara spesifik mencari kandidat yang sudah berpengalaman maksimal 1 tahun di bidang/perusahaan tertentu.

Management trainee pun tidak terbatas hanya dilakukan untuk rekrutan atau karyawan baru saja. Karyawan lama yang memiliki potensi pun sejatinya sangat disarankan untuk diikutkan dalam program management trainee.
Mengingat mereka yang sudah memiliki pengalaman beberapa tahun dalam perusahaan mungkin memiliki tingkat pemahaman yang lebih banyak tentang unit bisnis dan profil perusahaan disbanding mereka yang baru pertama kali menjajakan kaki di perusahaan.

Semua kembali lagi pada preferensi dan tujuan yang perusahaan Anda ingin kejar. Saatnya Human Capital Practitioner mengulas dan mempertimbangkan kembali mana yang lebih sesuai untuk kepentingan perusahaan saat ini.


Manfaat Program Management Trainee bagi Perusahaan
Umumnya, hasil dari program ini adalah karyawan yang sudah siap ditempatkan pada pos tertentu sesuai dengan keahlian yang diperlihatkannya selama mengikuti program.
Mereka yang mengikuti program management trainee akan dibina untuk ditempatkan pada posisi SPV, Asisten Manajer, atau bahkan manajer.

Tentunya dari penilaian dan evaluasi yang sudah dilakukan oleh pengawas dan tim Learning and Development yang membimbingnya


Apa hanya itu saja manfaatnya? Tentu tidak. Banyak hal bisa didapatkan perusahaan dari program ini. Antara lain sebagai berikut:


1. Meminimalisir kekurangan posisi Leader

    Dengan program ini, perusahaan setidaknya dengan sengaja merekrut dan membimbing banyak kandidat untuk mengisi          posisi leader/manajerial. Hal ini akan sangat membantu perusahaan untuk mendapatkan posisi leader yang sesuai,                  terutama pada perusahaan yang saat ini sedang ingin berkembang lebih besar.


2. Saran dan penilaian Terhadap Perusahaan
    Program management trainee juga membuka kemungkinan bagi para kandidat untuk memberikan saran dan penilaian            terhadap proses bisnis yang berlaku di perusahaan.

    Dengan beberapa sudut pandang baru, perusahaan dapat memetakan apa-apa saja yang saat ini dinilai belum maksimal.

    Dikarenakan para kandidat management trainee diberikan kesempatan untuk terlibat dalam tiap pos yang tersedia,                tentunya mereka berkemungkinan melihat celah dan potensi yang akan berguna bagi perusahaan.  Hal ini juga dapat              dijadikan bahan evaluasi untuk kandidat management trainee Anda.


3. Menjadi sarana mendapatkan talenta berkualitas
    Proses program management trainee tidak berjalan sebentar. Hal ini yang terkadang menjadi kekhawatiran para HC                Practitioner saat mau mengimplementasikan program.

    Namun, saat program ini sudah direncanakan dan diimplementasikan dengan baik. Maka hasilnya pun tidak akan                    mengecewakan. Anda akan mendapatkan talenta berkualitas yang siap berkontribusi di posisi manajerial. Dan jangan lupa,      sudah melalui proses seleksi dan evaluasi yang cukup panjang.


4. Produktvitas Perusahaan Meningkat
    Semua program yang sudah direncanakan perusahaan pasti diharapkan membawa produktivitas dan dampak positif bagi        perusahaan. Dengan penerapan dan pengaplikasian program management trainee yang baik, maha produktivitas                    perusahaan pun akan meningkat
    Karyawan-karyawan berkualitas dari program tersebut berpotensi untuk berkembang bersama perusahaan Anda lebih jauh      lagi.

So… What’s Next?
Bagaimana? Tertarik kah Anda untuk mulai merancang dan mengimplementasikan program ini di perusahaan? Melihat dari manfaat-manfaat yang ada, apakah sekarang saat yang tepat untuk mulai merancang program ini? Simak dan pelajari lebih banyak tentang Sistem Human Capital sebelum Anda memulainya.

Sumber :
https://www.sinergiaconsultant.com

Link
Dilihat 55 kali