Loading...
Monday, 14 Jun 2021

Career Development Center

Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Saat Kita Tahu Gaji Semua Rekan Kerja di Kantor, Bagaimana Cara Mengatur Rasa Ce

Berita Umum | 20 April 2021 07:53 wib
Kamu tahu gaji rekan kerjamu? Lalu kamu merasa iri dengannya? Eits, jangan dulu iri ya. Mari simak pertanyaan dari pembaca dan jawaban ekspert dalam artikel ini!
Bagaimana sebaiknya bersikap jika mengetahui gaji rekan kerja sekantor? Lebih baik cemburu atau meningkatkan kinerja?

Dear Avrist,
Saya punya rekan kerja, selama ini dia memang lumayan dekat dengan banyak orang-orang di kantor. Ia bahkan berteman dekat dengan staf human resources (HR) department. Karena kedekatannya dengan karyawan HR department itu, ia jadi mengetahui gaji semua orang di kantor. Ia selalu membahas masalah ini dengan saya. Bahkan tak berhenti membahasnya saja, ia juga kerap membanding-bandingkan orang-orang di kantor berdasarkan gajinya. Saya merasa tidak nyaman dengan hal ini. Bagaimana caranya ya, agar teman saya bisa mengatasi rasa cemburu sosial? – Erica, 25 tahun


Halo Erica,
Di tempat kerja manapun dan dengan siapapun lawan bicara Anda, topik gaji ini adalah isu yang sensitif. Sudah seharusnya memang gaji bersifat pribadi, tidak dibicarakan, dan tidak diketahui oleh siapapun. Kalaupun seseorang ingin memberikan informasi mengenai besaran gaji, ia hanya pantas memberitahukan kepada pasangan suami atau istri, orangtua, dan pihak pewawancara saat sedang dalam proses melamar kerja.


Solusi untuk menghadapi ulah rekan kerja Anda ini adalah, pertama, usahakan bersikap netral. Jangan pernah terpancing saat ia membicarakan gaji rekan kerja yang lain. Bisa jadi, di lain kesempatan Anda yang jadi topik pembicaraannya dengan rekan kerja lain. Cara kedua, saat ia mulai terlihat ingin membicarakan kecemburuannya soal ini, tolak saja secara halus dan katakan padanya kalau Anda sedang ada pekerjaan yang harus segera diselesaikan. Lebih baik memanfaatkan waktu dengan efektif dan menyelesaikan pekerjaan Anda, bukan?


Yang ketiga, bila Anda sudah terlanjur menge tahui nominal gaji rekan kerja yang lain dan ternyata gaji Anda lebih rendah, jangan berkecil hati dan ikut cemburu. Perusahaan pasti sudah menilai secara baik setiap karyawannya. Hal terpenting, teruslah meningkatkan kinerja Anda agar selalu bisa berkontribusi kepada kesuksesan perusahaan dan kemampuan diri Anda sendiri. Yakinlah, rejeki akan mengikuti kerja keras dan prestasi yang Anda ukir setiap hari. Happy working!




Sumber : http://avrist.com/lifeguide/2019/01/21/saat-kita-tahu-gaji-rekan-kerja-di-kantor/

Link
Dilihat 221 kali