Loading...
Thursday, 22 Oct 2020

Career Development Center

Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Sandwich Generation, Jangan Lupa 5 Hal Ini untuk Keuangan di Masa Depan

Berita Umum | 11 Oktober 2020 12:05 wib
Apa itu sandwich generation? Bagaimana sikap yang seharusnya dilakukan bagi sandwich generation?
Setiap generasi memiliki tantangan sendiri. Keluarga muda di masa kini, terutama di masa pandemi virus corona, punya tantangan memastikan perlindungan kesehatan yang memadai bagi seluruh anggota keluarga, biaya pendidikan anak yang kian hari kian tinggi, dan kebutuhan rumah tangga yang juga membutuhkan anggaran yang tak sedikit. Bagi sandwich generation, tantangannya menjadi berlipat. Apa itu sandwich generation?

Sandwich generation merupakan istilah untuk menggambarkan mereka yang menanggung keluarga inti dan orang tua yang beranjak menua. Biasanya ini terjadi pada mereka yang berusia di akhir 30 tahunan, 40 tahun, dan 50 tahun. Namun, penelitian tahun 2015 di AS menunjukkan, 25% responden yang menanggung keluarga dan orang tua merupakan generasi milenial yang berusia antara 18 tahun hingga 34 tahun. Jika Anda termasuk bagian dari sandwich generation, harus cermat merancang strategi, terutama keuangan, tak hanya untuk Anda dan keluarga inti, tetapi juga untuk orang tua. Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menyelamatkan keuangan Anda. Apa saja?

Pahami tantangan sandwich generation

Anda perlu memahami tantangan finansial sebagai sandwich generation. Tantangan itu di antaranya:


-Bergantung pada satu sumber pendapatan, jika pasangan Anda tidak bekerja dan menangani untuk mengasuh anak saat Anda bekerja
-Mengelola anggaran rumah tangga dengan cermat jika Anda membayar sebagian atau semua pengeluaran orang tua Anda
-Mempersiapkan tabungan uang untuk masa pensiun dan investasi hari tua
-Melunasi utang atau cicilan
-Mempersiapkan tabungan darurat
-Mempersiapkan perlindungan kesehatan
-Mempersiapkan dana pendidikan bagi anak-anak
-Tak hanya finansial, mengutip Smart Asset, Juni 2020, sebuah studi menunjukkan bahwa 27% keluarga yang merupakan sandwich generation menyebutkan, mereka juga mengalami tekanan emosional.  Tekanan emosional dan finansial pasti akan memengaruhi psikologis dan pikiran Anda. Untuk meminimalkan stres dan kecemasan, penting untuk mempersiapkan sejak dini dan merancang perencanaan yang matang jika Anda harus merawat orang tua yang sudah lanjut usia dan mempersiapkan masa depan anak Anda.

Apa yang harus dilakukan sandwich generation?

Pakar perencana keuangan, Scott Pann, seperti dikutip dari The Balance pada Maret 2019 lalu mengatakan, bahaya terbesar bagi mereka yang terjebak di tengah, mengurus keluarga dan orang tua, adalah risiko mengabaikan perawatan dirinya sendiri saat mencoba membantu orang lain. Jangan sampai ini terjadi. Berikut 5 hal yang sebaiknya Anda lakukan.


1. Diskusi dengan orang tua tentang keuangan dan perlindungan kesehatan
Berbicara tentang keuangan, termasuk dengan orang tua, mungkin menimbulkan rasa tidak nyaman. Banyak yang merasa tidak enak membahas soal ini, padahal ini hal yang penting untuk didiskusikan. Anda harus mengetahui bagaimana keuangan orang tua saat mereka tak lagi produktif. Apakah mereka punya cukup tabungan untuk membiayai kebutuhannya sehari-hari, apakah mereka sudah memiliki perlindungan medis yang memadai, dan lain-lain.

Kesehatan menjadi konsen utama bagi mereka yang telah lanjut usia. Untuk orang yang berusia 65 tahun ke atas, ada kemungkinan 70% membutuhkan beberapa jenis perawatan kesehatan. Bagian ini bisa membutuhkan banyak biaya. Salah satu cara untuk mendanai perawatan jangka panjang adalah melalui asuransi. Anda harus menanyakan kepada orang tua, perlindungan kesehatan seperti apa yang telah mereka miliki, dan apakah cukup aman memberikan jaminan bagi mereka. Dollars and Sense, November 2019, menuliskan, sebagai sandwich generation, pastikan Anda memiliki perlindungan asuransi yang memadai untuk Anda dan orang yang Anda cintai. Hal ini untuk memastikan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, Anda memiliki sumber dukungan finansial, tanpa khawatir kebutuhan untuk mendapatkan penghasilan.

Jika harus mengevaluasi asuransi yang dimiliki, Anda bisa mempertimbangkan Avrist Prime Hospital & Surgical dari Avrist Assurance. Melalui Avrist Prime Hospital & Surgical, Anda bisa mengikutsertakan seluruh anggota keluarga hanya dengan satu polis. Produk ini juga memberikan perawatan rawat inap dan pembedahan secara nyaman dan mudah. Perlindungan yang diberikan tak hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia.
Baca juga: Lifeguide for 30’s by Avrist Assurance: Pedoman Finansial untuk Usia 30-an 


2. Tinjau alokasi anggaran Anda
Tak mudah menanggung beban finansial dua “perahu”. Jika Anda harus menghadapinya, tinjau kembali alokasi anggaran. Misalnya, ketika Anda harus menanggung sebagian kebutuhan harian orang tua, maka ada alokasi anggaran rumah tangga yang harus disesuaikan. Lihat pada bagian mana yang bisa dikurangi atau disesuaikan besarannya. Jika Anda memiliki saudara kandung, bisa dibicarakan pula untuk berbagi tanggungan. Hal ini pasti akan lebih meringankan sehingga alokasi anggaran bisa sesuai dengan beban finansial Anda dan saudara kandung . Misalnya, Anda menanggung premi asuransi orang tua, sementara saudara yang lainnya memenuhi kebutuhan hariannya.

Kalau memiliki banyak saudara, pasti akan lebih ringan lagi. Namun, tantangan sandwich generation saat ini adalah memiliki sedikit saudara kandung. Tak seperti orang dulu yang memiliki lebih banyak anak.


3. Prioritaskan menabung
Meski banyak pos anggaran yang harus dipenuhi, jangan pernah tergoda menghentikan alokasi untuk menabung dan tabungan darurat. Anda tak akan pernah tahu apa yang terjadi di masa depan. Mempersiapkan keuangan untuk masa pensiun dan situasi darurat adalah wajib dalam perencanaan keuangan. Apalagi, jika Anda menanggung keluarga dan orang tua.


4. Atur dan inventarisasi aset 

Cek kembali, deposito, tabungan, reksa dana, dan aset lain yang Anda miliki. Perhitungan dengan kebutuhan dan keinginan Anda di masa depan. Mana yang bisa dilanjutkan, mana yang bisa dialihkan untuk kebutuhan lainnya. Jika tak ingin salah berhitung, Anda bisa memanfaatkan berbagai aplikasi keuangan yang tersedia atau berdiskusi dengan penasihat keuangan tentang cara mengelola rencana keuangan Anda karena harus menanggung orang tua dan keluarga. Mulailah dari sekarang.



5. Persiapkan biaya pendidikan anak
Alokasi anggaran untuk pendidikan juga komponen wajib dalam perencanaan keuangan. Meski beban finansial bertambah karena harus mengalokasikan untuk kebutuhan orang tua, kebutuhan anak tetap yang utama. Pastikan Anda menyisihkan anggaran untuk biaya pendidikan. 

Menjadi bagian dari sandwich generation menempatkan Anda pada posisi yang “unik” terkait perencanaan keuangan. Mempersiapkan strategi keuangan yang komprehensif dapat membantu Anda menghindari hambatan yang dapat membuat Anda lebih sulit menabung atau mencapai tujuan keuangan. Semakin rinci rencana Anda, misalnya mendapatkan manfaat yang memadai dari tabungan dan asuransi yang dimiliki,  maka semakin baik kondisinya untuk Anda di masa depan. Bagi sandwich generation, yang terpenting memastikan keuangan untuk masa depan dan jaminan perlindungan kesehatan.

Lindungi kesehatan keluarga dengan Avrist Prime Hospital & Surgical
Untuk perlindungan kesehatan, pastikan Anda dan keluarga serta orang tua memiliki asuransi yang memberikan manfaat maksimal. Seperti disebutkan di atas, Avrist Prime Hospital & Surgical bisa jadi salah satu pertimbangan karena menyediakan plan menyeluruh bagi semua anggota keluarga. Ada berbagai pilihan plan yang menyesuaikan dengan kebutuhan keluarga Anda. Beberapa keunggulannya, di antaranya, memberikan kenyamanan privasi ketika harus menjalani perawatan di rumah sakit. Avrist Prime Hospital & Surgical juga memberikan manfaat layanan medis lokal dan internasional, serta manfaat opini medis kedua (medical second opinion) dan meninggal dunia Anda bisa menambahkan asuransi tambahan dengan mendapatkan manfaat menetap di luar negeri bagi Anda yang akan tinggal di luar negeri lebih dari 3 bulan. Informasi selengkapnya bisa Anda akses di laman Avrist Prime Hospital & Surgical.

Dengan perencanaan yang baik, Anda bisa mengucapkan, “Selamat datang, masa depan yang cerah dan penuh perlindungan!”


SUMBER :

http://avrist.com/lifeguide/2020/09/10/sandwich-generation-perhatikan-5-hal-ini-untuk-keuangan-masa-depan/

Link
Dilihat 26 kali