Loading...
Thursday, 22 Oct 2020

Career Development Center

Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Intip Tips Ini agar Kerja Lebih Menyenangkan

Berita Umum | 05 Oktober 2020 06:05 wib
Let's check this out!
Setiap Senin, ungkapan “I hate Monday” sering berseliweran di media sosial. Bahkan, sehari sebelumnya, kita juga sering membaca posting yang berharap weekend jangan cepat berlalu. Wah, rasanya berat sekali ya untuk kembali mulai bekerja setelah berakhir pekan?

Apa benar, bekerja terasa begitu berat sehingga memulai hari Senin pun rasanya malas? Sebetulnya, hal itu tidak akan terjadi jika kita bisa menciptakan suasana yang menyenangkan selama kerja di kantor. Nah, tips di bawah ini akan membantu Anda agar selalu semangat ke kantor,hingga akhirnya bisa memberikan yang terbaik dalam pekerjaan.

  • Tata ruang dan meja kerja

Cara yang paling mudah membangkitkan semangat ialah dengan menata ruang dan meja kerja serapi dan semenarik mungkin. Jagalah kebersihan dan kerapihan tempat kerja Anda. Sebagai penyemangat, Anda juga dapat menyematkan aroma therapy di sudut meja agar pikiran nyaman sebelum mulai bekerja.

Jika Anda termasuk yang suka menaruh pajangan di atas meja, boleh saja menatanya semenarik mungkin. Pajangan yang bisa bikin semangat misalnya foto keluarga, gelas cantik, suvenir jalan-jalan dari luar negeri, atau pajangan unik lainnya.

  • Bekerja sambil mendengarkan musik

Jika Anda tipe orang yang lebih konsentrasi jika mendengarkan musik, Anda juga bisa mendengarkannya di kantor. Pastikan Anda memakai headset agar tidak mengganggu kenyamanan rekan kerja lain. Anda bisa mencoba mendengarkan beberapa jenis musik yang efektif meningkatkan kinerja Anda, mulai dari instrumental, jazz, pop, klasik, EDM, rock, heavy metal, blues, atau apa saja yang Anda sukai.
  • Taruh tanaman
Artikel NBC News (Juli 2017) menyebutkan bahwa tanaman di dalam ruang membuat kita merasa lebih baik. Tanaman para prinsipnya menghisap karbon dioksida dan melepas oksigen. Sehingga, menaruh tanaman dalam ruang akan menurunkan racun di udara sebanyak 87%. Selain itu, tanaman juga terbukti dapat meningkatkan konsentrasi dan produktivitas hingga 15%.
  • Jadikan diri Anda rekan kerja yang menyenangkan
Tempat kerja yang menyenangkan adalah tempat kerja yang asyik. Anda akan merasa nyaman di kantor jika orang-orang di sekitar Anda juga menyenangkan. Tapi, Anda tidak bisa pasif menunggu agar lingkungan kerja Anda asyik, Sebaliknya, Anda perlu pro-aktif mengubah teamwork menjadi dream team.Caranya dengan berusaha menjadi rekan kerja yang diinginkan oleh setiap karyawan.

Pada November 2017, Globoforce’s WorkHuman Research Institute melakukan survei atas 2.700 karyawan di US mengenai hal yang membuat mereka betah di perusahaan. Survei tersebut menujukkan, ternyata karyawan akan merasa senang bekerja jika:
  • Dihargai atau diapresiasi atas pekerjaannya.
  • Bisa tumbuh bersama-sama dengan organisasi.
  • Dilibatkan dalam pekerjaan.
  • Bisa merayakan tahapan kehidupan (seperti ulang tahun, melahirkan, pernikahan) di kantor, untuk meningkatkan self-belonging.
Terkait kinerja, karyawan menyukai adanya arahan yang bisa meningkatkan hubungan antara manajer dan karyawan.
Jadi, jika Anda ingin menjadi atasan dan rekan kerja yang menyenangkan, jangan lupa untuk melakukan langkah-langkah di atas. Jika kebiasaan positif ini menular, maka dreamwork akan terwujud.

Memiliki lingkungan kerja yang nyaman adalah keinginan semua karyawan. Wujudkanlah hal ini mulai dari diri Anda sendiri. Jika suasana kantor menyenangkan, Anda akan berangkat kerja dengan semangat baru.


Sumber :

http://avrist.com/lifeguide/2018/05/28/tips-kerja-di-kantor-lebih-menyenangkan/


Link
Dilihat 44 kali