Loading...
Saturday, 19 Sep 2020

Career Development Center

Atma Jaya Catholic University of Indonesia

5 Hal Ini yang Sebaiknya Kamu Posting di Media Sosial Buat Branding Diri Sendiri

Berita Umum | 30 Agustus 2020 13:12 wib
Ini dia beberapa tips untuk membranding diri kamu melalui media sosial yang kamu miliki. Check this out!

Kita semua tahu bahwa yang namanya media sosial saat ini memiliki pengaruh yang begitu besar dalam kehidupan manusia. Baik itu dari segi ekonomi, sosial, dan juga hal-hal lainnya. Tengok aja orang-orang yang saat ini terkenal, nggak sedikit kok dari mereka yang ternyata namanya didapat melalui media sosial dengan berbagai cara. Tentunya dengan hal-hal yang baik juga, kalau caranya nggak bener ya jangan diikutin.

Kekuatan media sosial dapat dikatakan hampir nggak bisa dinalar dengan akal sehat. Sekarang, lha wong kamu sekedar bikin konten lucu aja bisa terkenal di seluruh dunia kok. Kalau udah terkenal, mau ngapain aja pasti ada jalan, iya nggak? Nah, berikut ini adalah hal-hal yang sebaiknya kamu posting di media sosial untuk tujuan branding dirimu sendiri. Jangan asal upload ya~

1. Skill yang kamu miliki dan tentunya kamu kuasai, unggah hal tersebut dalam bentuk bukti portofolio
Jika kamu memiliki keahlian tertentu, sudah pasti hal tersebut bisa menjadi nilai lebih bagimu. Apalagi jika kamu mengunggah bukti-bukti tersebut ke media sosialmu sebagai portofolio. Lebih bagus lagi jika kamu bisa melakukan hal ini dengan konsisten, teratur, dan tentunya juga terjadwal. Misal kamu menguasai teknik fotografi, unggahlah hasil-hasil fotomu tersebut, atau misalnya kamu pinter menggambar, unggah hasil gambaranmu. Nggak perlu minder sama orang lain yang portofolionya lebih cakep daripada punyamu. Toh mereka pasti juga sama-sama melalui proses belajar dulu kok sebelum terkenal.


2. Jika kamu punya, kamu juga bisa mengunggah penghargaan yang kamu punya dari hasil keahlianmu tersebut
Misalnya nih, suatu saat kamu memenangkan suatu perlombaan dan mendapatkan sebuah penghargaan. Bisa kok penghargaan tersebut kamu unggah di media sosialmu. Selain sebagai inspirasi hal baik bagi orang lain, dengan mengunggah penghargaan yang kamu punya, kamu bisa semakin dilirik oleh pihak-pihak tertentu. Biasanya sih orang semakin percaya bahwa kamu adalah seorang profesional jika sudah melihat portofoliomu dan juga dilengkapi dengan bukti bahwa apa yang kamu lakukan itu diakui oleh banyak orang. Apa nggak yoi banget tuh?


3. Potret dirimu saat sedang menggeluti bidang keahlianmu. Biar orang semakin percaya lika-likumu

Jika sudah mengunggah portofolio yang kamu hasilkan, alangkah baiknya jika kamu sesekali mengunggah juga potret dirimu saat melakukan kegiatan tersebut. Apalagi jika kamu menunjukkan kepada publik step by step tentang gimana kamu dapat menghasilkan karya tersebut. Kalau udah begini mah orang yang melihat jadi semakin yakin jika dirimu benar-benar melakukan hal itu alias nggak sekedar bohongan aja. Tapi ingat, jangan terlalu banyak mengunggahnya kalau nggak mau dikatain narsis~


4. Terkadang menunjukkan kepada orang lain tentang relasi yang kita punya itu juga merupakan hal keren lo. Seperti misalnya mengunggah foto bareng kenalan politisi atau artis yang pernah proyekan bareng

Mengunggah foto bareng orang terkenal itu juga banyak keuntungannya lo. Salah satunya adalah kamu bisa dinilai publik tentang kualitas relasi dan cara berkomunikasimu. Nggak semua orang di luar sana punya akses yang mudah untuk ketemu sama orang terkenal. Apalagi sampai makan bareng, ngobrol bareng, ngerjain sesuatu bareng. Nah, ini bakal jadi nilai tersendiri nih di mata publik. Asal jangan orang terkenal yang banyak sensasi ya, nanti namamu juga ikut kena imbasnya kan apes juga.


5. Hobi, ini juga penting banget lo!
Dengan mengunggah hobi yang kamu geluti, orang akan tahu bahwa kamu adalah sosok yang produktif dan juga kreatif. Bisa menghabiskan waktu untuk hal-hal yang berfaedah. Seperti misalnya kamu lagi hobi bercocok tanam, bisa tuh kamu mengunggah foto-foto tentang tanaman yang kamu koleksi. Selain memamerkan kesibukanmu, siapa tahu hal tersebut juga malah bisa jadi ladang penghasilan tambahanmu kan?


Ya, meski media sosial itu memang tempat yang begitu besar dan menyimpan banyak misteri, tapi jika kamu pandai mencari celahnya, nggak sedikit juga kok hal-hal baik yang bisa kamu dapatkan di sana. Salah satunya adalah persoalan yang satu ini. Pokoknya pinter-pinter aja deh ya membranding diri sendiri di media sosial. Jalan itu pasti ada kok!


SUMBER : HIPWEE

https://www.hipwee.com/motivasi/branding-media-sosial/

Link
Dilihat 91 kali