Loading...
Saturday, 19 Sep 2020

Career Development Center

Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Tips Membuat CV Lamaran Kerja Saat Pandemi Corona

Berita Umum | 03 Agustus 2020 03:09 wib
Untuk kamu yang saat ini lagi berusaha untuk mencari pekerjaan baru akibat terimbas PHK, berikut ini kami berikan tips membuat CV lamaran kerja saat pandemi. Semoga membantu!

Pandemi COVID-19 membuat sebagian orang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). Salah satu alasan perusahaan karena mereka tak mampu membayar upah karyawan. Dikutip dari Antara, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mencatat total 1.943.916 orang pekerja maupun karyawan menjadi korban PHK akibat COVID-19 menurut data sampai dengan Kamis, 16 April 2020.

Mungkin Anda atau orang terdekat adalah salah satu dari jutaan pekerja maupun karyawan yang dirumahkan karena adanya pandemi ini. Dengan situasi ini, tentu Anda merasa bingung dan bertanya-tanya bagaimana caranya mendapatkan pekerjaan baru saat pandemi ini. Tujuannya supaya Anda tidak menganggur.

Menurut Huffpost, dengan membuat resume atau yang biasa diketahui sebagai Curriculum Vitae (CV) untuk melamar kerja kembali. Membuat CV untuk melamar kerja dapat menjadi langkah pertama untuk mendapatkan pekerjaan baru. Dengan CV Anda punya kesempatan untuk memberi tahu kepada perekrut siapa Anda dan alasan untuk mencari pekerjaan baru. Penulis resume Virginia Franco mengatakan justru di saat seperti sekarang, pelamar sebaiknya berterus terang tentang PHK akibat pandemi COVID-19 yang dialaminya kepada calon perusahaan. "Jika ada keraguan, cukup jelaskan," kata Franco. Dengan begitu berikut ini adalah sebuah tips untuk menulis resume atau CV lamaran kerja Anda agar dapat melamar kerja kembali meski di tengah pandemi COVID-19 yang dilansir dari Money:


  • Buktikan bahwa Anda Penting


Buktikan bahwa Anda bisa bekerja secara produktif meski bekerja dari rumah dengan membuat tujuan harian yang terukur untuk diri Anda sendiri sekarang, kata Leavy-Detrick seorang ahli penulis resume. Anda juga harus bisa beradaptasi dengan situasi baru dengan cepat, meskipun situasi tersebut tidak mudah bagi siapapun. Tapi jika Anda bisa beradaptasi, kemampuan itu akan menjadi penilain bagi perusahaan di masa depan.


  • Ajang Mencari Pengamalaman Baru


Pengalaman baru yang Anda peroleh di tengah kepanikan Coronavirus juga bisa ikut berperan. Anda tuntut untuk bisa bekerja menentukan bersama tim dengan pengawasan alur kerja jarak jauh


  • Aktif Menelusuri Media Online


Sekarang adalah waktu yang tepat untuk aktif di internet. Jangan berkomunikasi dengan atasan secara online. Jika Anda sopan dan tampaknya benar-benar tertarik pada pekerjaan yang dilakukan orang lain, Anda mungkin akan mendapatkan beberapa tanggapan.


SUMBER : TIRTO.ID

"Tips Membuat CV Lamaran Kerja Saat Pandemi Corona", https://tirto.id/fiEl

Link
Dilihat 167 kali