Loading...
Tuesday, 01 Dec 2020

Career Development Center

Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Ketahui 14 Tips yang Perlu Disiapkan Saat Mencari Pekerjaan Baru

Berita Umum | 07 Juli 2020 05:05 wib
Masa pandemi ini membuat banyak orang yang terkena nampak PHK, buat kamu yang sedang mengalami ini dan sedang memulai mencari pekerjaan baru, silahkan simak bacaan ini ya!

Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) mau tidak mau mewarnai dinamika perekonomian Indonesia maupun dunia karena pandemi COVID-19 yang tengah melanda. Saat memulai bisnis baru dirasa belum memungkinkan, cara lain yang bisa dilakukan untuk bertahan hidup adalah tetap berusaha dan mencari pekerjaan baru. Barangkali terlihat mustahil mengingat pandemi memukul berbagai sektor. Namun, tetap harus mencoba dengan mempersiapkan diri menghadapi persaingan dengan ribuan orang di luar sana yang juga tengah mencari kerja. Sayangnya, ketika mendapat kesempatan interview, orang-orang lebih fokus menghabiskan waktu untuk mengurus penampilan mereka. Penampilan diri memang penting, namun yang paling penting adalah konten yang akan disampaikan saat interview berlangsung, demikian sebagaimana dilansir Forbes. Anda dapat mencoba 14 tips berikut untuk mempersiapkan diri mendapatkan pekerjaan baru menurut Indeed.

1. Kenali tujuan karier

Pertama, kenali jenis karier apa yang Anda inginkan. Ini sangat penting bagi orang yang memasuki dunia kerja untuk pertama kalinya atau yang akan berganti karier. Dapatkan rekomendasi dari keluarga, profesor, pelatih karier atau mantan rekan kerja. Pastikan Anda memiliki tujuan yang jelas dan realistis, tentukan bagaimana Anda berencana untuk mencapainya dan catat apa yang memenuhi syarat Anda untuk jalur karier itu. Langkah-langkah ini dapat membantu Anda mempersempit pencarian pekerjaan Anda ke posisi yang Anda sukai dan akan membantu Anda maju secara profesional.

2. Jadwal

Atur diri Anda dan jadwal Anda untuk mencari pekerjaan dengan lebih efisien. Tentukan berapa jam per hari atau hari apa dalam seminggu yang akan Anda dedikasikan untuk mencari pekerjaan atau membangun jaringan. Pastikan resume dan surat lamaran Anda adalah versi terbaru. Buat atau perbarui profil Anda di situs web jaringan profesional dan buat spreadsheet untuk mencatat pekerjaan yang telah Anda lamar dan wawancara yang telah Anda terima. Anda juga dapat memilih untuk membuat akun email profesional agar pesan pencarian kerja Anda terpisah dan terorganisir dari yang pribadi. Menyelesaikan langkah-langkah ini sebelum memulai mencari pekerjaan dapat membuat proses lebih cepat dan lebih mudah.

3.Koreksi resume dan cover letter

Mintalah seorang teman, anggota keluarga, rekan kerja, penasihat karier atau profesional lainnya untuk mengoreksi resume Anda dan surat pengantar dari kesalahan, serta saran agar resume dan cover letter Anda menjadi lebih baik. Beberapa pencari kerja bahkan memilih untuk menggunakan jasa layanan penulisan resume professional.

4. Lakukan semua cara Daripada membatasi diri Anda pada pencarian online manual, manfaatkan semua opsi pencarian pekerjaan. Ini mungkin termasuk menjangkau perusahaan atau mempekerjakan manajer secara langsung, menghadiri pameran karier, mencari media sosial atau menggunakan layanan konseling karier. Gunakan mesin pencari kerja untuk menemukan lowongan di papan pekerjaan, situs web perusahaan, asosiasi profesional, dan lainnya. Daftarkan diri untuk mendapatkan pemberitahuan pekerjaan harian atau mingguan melalui email.

5. Sesuaikan resume

Sesuaikan resume Anda dengan setiap pekerjaan yang Anda lamar. Pelajari deskripsi pekerjaan untuk menentukan mengapa Anda sangat cocok pada posisi tersebut. Kemudian, tambahkan keterampilan Anda, pengalaman dan pencapaian yang relevan dengan posisi itu. Untuk menyederhanakan langkah ini, siapkan template resume dan surat lamaran Anda untuk disesuaikan. Jaga agar bagian-bagian penting seperti pendidikan dan informasi kontak Anda tetap sama, tetapi personalisasikan kemampuan Anda atau tugas pekerjaan sebelumnya agar sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar. Jangan asal sebar resume ke semua perusahaan tanpa meneliti konten yang perlu ada di dalam resume.

6. Riset tentang perusahaan yang akan dilamar

Ketika Anda menemukan daftar pekerjaan yang menarik minat Anda, teliti perusahaan yang mempekerjakan sebelum melamar. Ini dapat memberi Anda informasi tentang budaya perusahaan, tunjangan dan kisaran gaji, produk dan layanan, lingkungan kerja, dan lainnya. Riset Anda akan memberi tahu Anda apakah Anda ingin atau memenuhi syarat untuk bekerja di perusahaan itu. Ini juga memberi Anda informasi berharga yang dapat Anda rujuk dalam surat lamaran atau wawancara Anda. 

7. Percaya diri

Lamar pekerjaan yang Anda minati walaupun posisi tersebut tidak terlalu sesuai dengan kompetisi Anda. Bergantung pada posisinya, pengusaha mungkin mempekerjakan individu yang termotivasi untuk belajar hal baru, kemungkinan mereka akan memberikan pelatihan terlebih dahulu. Jika Anda tidak terlalu memenuhi kompetisi yang perusahaan inginkan, namun Anda yakin dapat berperan dengan baik dalam posisi tersebut, lamar, Jangan batasi diri Anda. Sebagai tambahan, sertakan contoh etos kerja dan kemampuan untuk mempelajari keterampilan baru dalam resume Anda. Tekankan bagaimana tujuan Anda selaras dengan tujuan perusahaan.

8. Mencari tahu informasi pekerjaan

Mencari tahu informasi pekerjaan adalah percakapan informal dengan para profesional di industri atau perusahaan tempat Anda ingin bekerja. Cari tahu apakah Anda cocok untuk posisi tersebut dengan mencari tahu informasi pekerjaan dengan seseorang yang bekerja di bidang yang menarik minat Anda. Cari subjek potensial di situs jejaring profesional atau organisasi anggota.

9. Gemilang dalam pekerjaan

Gemilang atau sukses dalam pekerjaan saat ini, merupakan modal utama bagi Anda yang ingin berkarier di tempat yang baru. Pertahankan hubungan baik dengan rekan kerja dan manajer Anda selama Anda bekerja dengan mereka. Sikap dan upaya profesional Anda dapat menghasilkan referensi atau peluang kerja di masa depan.

10. Jaringan

Berinteraksi dengan orang-orang dan kembangkan jaringan profesional baik secara online maupun secara langsung. Mulailah percakapan dengan orang-orang di seminar, acara sosial, atau di saat meeting. Beri tahu mereka bahwa Anda sedang mencari pekerjaan atau ingin bekerja di industri tertentu. Mereka mungkin memiliki koneksi atau saran yang dapat membantu Anda dalam pencarian pekerjaan Anda.

11. Identifikasi contoh keterampilan Anda

Orang cenderung mengingat kisah dan contoh menarik dari daftar fakta. Rencanakan ke depan dengan mengidentifikasi pengalaman atau prestasi pribadi yang menyoroti keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan tertentu. Tambahkan ini ke surat pengantar Anda dan gunakan saat interview. Gunakan metode STAR method—situation, task, action and result untuk menceritakan kisah secara efektif.

12. Bersiap untuk wawancara Mencari tahu pertanyaan-pertanyaan wawancara umum, berlatih untuk meresponnya, latih respons tersebut sebelum Anda diundang ke wawancara. Minta teman atau kontak profesional untuk melakukan latihan wawancara. Jika Anda siap, Anda akan lebih percaya diri dan nyaman saat diwawancarai.

13. Follow Up

Setelah wawancara kerja, kirimkan catatan terima kasih kepada manajer perekrutan. Jika Anda belum mendapat kabar dari mereka setelah seminggu, tindak lanjuti dengan panggilan telepon atau email. Saat melakukannya, tunjukkan kegembiraan dan minat Anda pada pekerjaan itu. Sementara Anda menunggu tanggapan, terus mencari dan melamar pekerjaan yang menarik minat Anda.

14. Perluas keterampilan

Jika Anda baru saja memasuki dunia kerja atau memulai karier baru, Anda mungkin perlu lebih banyak pelatihan atau pengalaman untuk mendapatkan pekerjaan. Pertimbangkan untuk magang atau menjadi sukarelawan dengan organisasi di industri yang Anda inginkan saat melamar pekerjaan. Gunakan peluang ini untuk memperluas jaringan Anda atau maju ke posisi penuh waktu. Anda juga dapat mengikuti kursus online atau menghadiri lokakarya untuk membangun keterampilan tertentu atau mempelajari teknologi dan proses yang relevan dengan industri yang Anda minati.



Sumber : TIRTO.ID

https://tirto.id/ketahui-14-tips-yang-perlu-disiapkan-saat-mencari-pekerjaan-baru-fLwv

Link
Dilihat 174 kali