Loading...
Tuesday, 04 Aug 2020

Career Development Center

Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Tips Sukses Wawancara Kerja Via Video Call: Fokus & Tampil Menarik

Berita Umum | 01 Juni 2020 02:53 wib
Di masa pandemi ini, banyak perusahaan yang melakukan recruitmen karyawan baru melalui sistem wawancara online. Yaitu wawancara yang dilakukan melalui aplikasi video conference. Lalu bagaimana cara kita mempersiapkan diri agar tampil menarik saat video call?

Mendapatkan pekerjaan impian tentu menjadi dambaan setiap orang. Untuk memperoleh suatu pekerjaan kita harus bersaing dengan pelamar lain. Setelah menerima surat lamaran, biasanya perusahaan akan melakukan tahapan berikutnya, yaitu seleksi. Dalam rekrutmen pekerjaan sendiri, tahapan seleksi salah satunya berupa wawancara. Dalam wawancara kerja, sebenarnya ini memberikan kesempatan bagi para pelamar untuk mengubah lamaran menjadi kesempatan kerja. Maka, wajar saja jika para pelamar jamaknya akan mempersiapkan diri sebaik mungkin, baik fisik maupun mental sebelum wawancara. Namun, kadang kala wawancara tak selalu menggunakan metode tatap muka. Jadwal user perusahaan yang padat, atau mungkin lokasinya berada di luar negeri, memungkinkan adanya wawancara secara daring melalui sambungan video (video call).

Seperti diwartakan oleh Forbes, dalam situasi pandemi virus Corona (COVID-19) seperti saat ini, yang mengimbau masyarakat untuk belajar dan bekerja di rumah, juga tak dimungkiri mengharuskan wawancara kerja pun juga secara daring. Berikut ini tips sukses wawancara kerja via video call, sebagaimana dirangkum dari Indeed :


  1. Siapkan lokasi sebaik mungkin. Cari tempat yang sepi, tenang, dan jauh dari kemungkinan interupsi dari orang lain. Hal ini penting, demi menghindari adanya gangguan berupa kata-kata maupun visual yang berpotensi mengganggu jalannya wawancara, seperti suara, teriakan, hingga penampakan orang lain yang lewat. Perhatikan background yang Anda tempati agar tidak mengganggu atau berpotensi mendistraksi, seperti gambar-gambar yang terlalu heboh, dan sebagaianya. Lebih direkomendasi memakai background lokasi yang polos atau satu warna saja. Angel dan pencahayaan juga harus Anda perhatikan agar tampilan Anda dalam video nyaman untuk dilihat.
  2. Pastikan perangkat dan jaringan dalam keadaan stabil. Pastikan perangkat (ponsel atau PC) Anda dalam keadaan baik. Jangan sampai terjadi gangguan teknis yang dapat mengganggu, seperti habis baterai atau perangat yang tiba-tiba blank. Pastikan audio dan video dalam perangkat Anda juga dalam keadaan baik. Sebaiknya tes dahulu dengan teman atau keluarga untuk memastikan. Cek terlebih dahulu jaringan internet, jangan sampai terjadi gangguan sinyal yang dapat mengganggu bahkan memutus sambungan video.
  3. Penampilan yang sesuai. Gunakan pakaian rapi atau formal, dan tidak berlebihan. Hindari penggunaan pakaian dengan warna yang terlalu mencolok.
  4. Fokus saat wawancara. Siapkan pena, buku atau kertas kosong, serta beberapa catatan yang sebelumnya telah Anda siapkan. Selanjutnya, usahakan untuk tersenyum dan bersikap ramah serta memperhatikan lawan bicara saat mendengarkan. Catat apa yang perlu dicatat. Saat tiba giliran Anda untuk bicara, berilah jawaban secara tegas dan penuh kepercayaan diri. Gunakan gestur tangan, dan hindari sikap-sikap yang tak perlu seperti batuk, menggaruk-garuk bagian kepala, dan sebagainya.



Sumber :

TIRTO.ID

https://tirto.id/tips-sukses-wawancara-kerja-via-video-call-fokus-tampil-menarik-eNVj

Link
Dilihat 185 kali