Loading...
Tuesday, 17 Sep 2019

Career Development Center

Atma Jaya Catholic University of Indonesia

CV? Ça va?

Berita Umum | 27 Maret 2019 04:44 wib
“Eh gimana sih cara bikin CV? Gw gatau apa-apa lagi.” “Apa kabar CV lu? Uda dibagusin belom?” “Aduh, takut gak ada perusahaan yang mau nerima gw karena CV gw jelek..."

Apakah teman-teman pernah mengucapkan kalimat tersebut? Kalimat-kalimat di atas kerap kali diucapkan oleh mahasiswa yang sedang berada dalam semester persiapan masuk ke dalam dunia kerja, biasanya sekitar semester 6-8. Kebanyakan dari kita pasti sudah sering bahkan familiar dengan keluhan-keluhan tersebut dari teman-teman kita atau mungkin dari mulut kita sendiri. CV atau Resume merupakan salah satu hal yang penting bagi mahasiswa maupun profesional dalam men-”jual” diri mereka. Namun, banyak sekali mahasiswa yang belum mengerti bagaimana cara mendesain CV atau Resume yang menarik bagi perusahaan, bagaimana dengan kabar CV anda? Berikut ada beberapa tips dalam membuat CV yang pasti akan langsung membuat CV kamu makin menarik!


1. Masukan Informasi yang Relevan

Salah satu kesalahan yang paling fatal dari pembuatan CV adalah memasukan semua hal ke dalam CV bahkan hal yang tidak berhubungan sekalipun dengan pekerjaan yang dituju. Banyak mahasiswa memiliki pola pikir, bigger is better, padahal hal tersebut justru akan membuat informasi yang paling penting dari CV kamu jadi sulit untuk dicari dan tidak bersinar. Ingat, small but impactful!


2. Cek dan Cek Ulang!

Seringkali, pihak perusahaan akan merasa ilfeel ketika mereka melihat CV yang memiliki beberapa kesalahan dalam penulisan baik dalam hal typo, salah grammar, maupun kesalahan spasi, titik, dan koma. Kesalahan-kesalahan minor tersebut dapat membuat kamu terlihat kurang profesional di mata pihak perusahaan. Maka dari itu jangan lupa untuk mengecek kembali CV-mu minimal 2x!


3. Ikuti Career Fair di Universitas-mu

Career Fair adalah sebuah program dimana banyak perusahaan akan dikumpulkan untuk membuka pameran. Mahasiswa dapat menemui secara langsung perwakilan dari perusahaan-perusahaan untuk bertanya mengenai overview perusahaan tersebut atau deskripsi suatu posisi tertentu. Beberapa perusahaan juga menyediakan layanan CV Health Check untuk mahasiswa dapat konsultasi mengenai CV mereka.


Sekian tips tentang bagaimana mengembangkan CV kamu, semoga berguna dan jangan lupa untuk menyebarkan pengetahuan ini ke sekelilingmu!


Unika Atma Jaya Career Fair

Your Career Your Life


Penulis: Alvin Angjaya


Link
Dilihat 961 kali