Loading...
Sunday, 18 Nov 2018

Career Development Center

Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Apa Itu Tracer Study? Cek Yuk

Berita Umum | 06 July 2018 21:23 wib
Grafik disamping merupakan hasil Tracer Study pada Pelacakan alumni Unika Atma Jaya tahun 2017, hanya 445 dari total 2033 alumni yang lulus tahun 2015. Dengan demikian, response rate dari Tracer Study ini adalah 22%.

Tracer Study adalah program dukungan Unika Atma Jaya terhadap upaya Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dalam memperkuat data nasional melalui pelacakan alumni.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengembangkan Universitas, Fakultas serta Program Studi (Prodi) berdasarkan informasi mengenai kualitas lulusan dan serapan di lapangan pekerjaan 2 (dua) tahun setelah mereka lulus. 

Beberapa hal yang yang dapat terpenuhi ketika Tracer Study diadakan, yaitu:

1. Mendapat umpan balik alumni untuk pertimbangan dalam perbaikan, pengembangan sistem, dan pengelolaan di Unika Atma Jaya.

2. Evaluasi keterserapan lulusan di lapangan pekerjaan, dengan mempertimbangkan konstribusi Universitas dalam mengembangkan kompentensi hardskill dan  softskill mahasiswa.

3. Memberikan informasi empiris bagi calon mahasiswa, orang tua, civitas Universitas, serta perusahaan mengenai karakteristik alumni Unika Atma Jaya terkait pekerjaan, awal karir, hubungan pekerjaan alumni dengan Universitas dan sebagainya.

4. Sebagai salah satu laporan dalam meningkatkan Akreditasi Unika Atma Jaya dan juga program studi.

5. Dengan mengikuti program Tracer Study, alumni telah menyumbangkan donasi sebesar Rp10.000  alumni untuk Organisasi Mahasiswa atau Unit Kegiatan Mahasiswa atas partisipasi aktif terhadap alumni dan lulusan.


Saat ini Biro Kemahasiswaan, Alumni, dan Pembimbingan Karir Mahasiswa (BKAK) merupakan unit di Unika Atma Jaya yang bertanggung jawab atas hubungan dengan alumni dan Tracer Study. Pada tahun 2018 ini Unika Atma Jaya melakukan Tracer Study pada alumni lulusan tahun 2016 dengan melakukan pengisian form secara online pada fitur “Tracer Study” melalui website:


careercenter.atmajaya.ac.id


Melalui website tersebut, alumni diberikan kemudahan untuk berpartisipasi mengikuti program Tracer Study yang dicanangkan oleh Unika Atma Jaya untuk menunjang kebutuhan Universitas, calon mahasiswa baru, orang tua, perusahaan yang terkait, hubungan alumni dan pekerjaan dengan Universitas, dan sebagainya.

Dalam jangka panjang, akan memberikan dampak adanya kualitas pembelajaran yang selalu baik sesuai dengan berbagai umpan balik. Kualitas pembelajaran ini selanjutnya akan menghasilkan kualitas lulusan yang semakin unggul dan keterserapan yang tinggi di lapangan kerja.



Penulis   : Vinsensius Gala Putra Pratama

Editor     : Kelvin Budiman dan Ignatius Prasetyo




Link
Dilihat 522 kali